h

Selasa, 02 Oktober 2012

TBA 2 Oktober 2012


Saat jantungku berdetak berlahan, kusadasi jiwaku berdetak kencang
Kencang berdetak mengiringi irama cita-citakku
Kencang berdetak meniti langkah masa depanku
Kencang berdetak menanti tercapainya harapan
Kencang berdetak mengarungi penuh kesabaran
*
Ini tulisan bukan puisi
Ini penggalan bukan alenia
Ini uraian tak mengandung hikmah
Tidak ada buah yang hendak dipetik
Tidak ada kata yang mengandung manfaat
Tidak ada tempat untuk kebijaksanaan
Tidak ada pesan maupun saran
Tidak ada uraian yang berarti
Karena bukan puisi
Maka tak mengandung makna
*
Salah satu sebab timbulnya kebahagiaan adalah cita-cita
Harapan akan tercapainya cita-cita
Membuat kita semakin bersemangat
Menempuh hidup serta membangkitkan gairah
*
Oranf kafir selalu berusaha menentang orang beriman beribadah di jalan Allah.
Semua amal orang kafir akan sia-sia.
Orang kafir itu musuh Allah janganlah berbelas kasihan pada mereka, mereka suka berdusta. Orang yang beriman, matinya di jalan Allah, mereka dimasukkan ke dalam syurga.
*
Sekolah supaya tidak ditipu orang, mengaji supaya tidak menipu orang.
*
Jangan ikuti orang-orang yang mengikut hawa nafsunya.
*
Harus memiliki metode yang baik, nalar yang bagus dan mengamati secara mengeluruh supaya masalah dapat dielesaikan dengan baik.
*
Ke negara lemah, kafir cukup membawa cangkul dan tasbih. Mereka berpura pura bekerja bakti, penelitian arkeologi dan pura-pura beribadah. Kalau mereka bawa senjata, biar saya pindahkan batu ke kepala mereka. Atau, biarkan saja peluru mereka masuk ke dalam kepala: surga menanti, bidadari menunggu.
*
Orang yang baik pengetahuan dan amal Islamnya akan menjadikan hatinya sebagai kutub, bukan menjadi buih yang diombang-ambing oleh pembaruan dan konstelasi.
*
Cak Nur mengatakan modernisasi adalah rasionalisasi bukan westernisasi. Islam sendiri sifatnya rasional.
*
Maka sekularisasi penting karena agama tidak berubah, sementara budaya itu dinamis.
*
Bid'ah adalah penambah-nambahan atau pembaruan dalam ibadah yang telah baku sifatnya. Sementara dalam urusan budaya tidak ada bid'ah.
*
Semua dimulai dari pasar. Pasar sebagai simbol pemenuhan kebutuhan pokok bagi jasad. Bila jasad disi dengan barang haram maka anak tidak akan berguna belajar agamanya.
*
Bila tidak benar-benar mengerti, tinggalkan saja urusan orang lain. Bila tidak, kehadiranmu malah semakin memperbesar masalah. Lebih baik manfaatkan waktu untuk elatih diri, berkarya. Dan "jangan pernah berkarya dia atas pundak orang lain".
*
Ampon Keujruen Manyen menolak mentah-mentah ajakan Belanda bekerjasama. Belada menawarkan supaya sebagian hasil panen dibegikan pada mereka dengan jaminan keamanan dan posisi Ampon yang takkan lengser. Ampon juga disarankan supaya bayak menimbuh hasil usaha rakyat untuk dirinya. Ampon menolak semua tawaran Belada. Maka beliau ditodong segerombolan kompeni pada suatu perjalanan. Dalam pertarungan tidak seimbang itu maka syahidlah buyut Teuku Banta Ahmad.
*
Banta hingga kini selalu menghimbau masyarakat supaya tidak membeli produk dan barang bersaham asing karena itu adalah penjajahan gaya baru. Bukankan Belanda dulu datang dengan sebuah perusahaan juga, VOC
*
Sangkaan kita bahwa kita punya kebebasan menentukan kehendak sendiri adalah salah-satu bukti bahwa kita tidak bebas berkehendak. Bahwa kesadaran kita sendiri ada yang mengatur.
*
Shalat adalah tiang agama. Dalam shalat terkandung empat rukum Islam lainnya. Shalat adalah perwujudan syahadat. Semua yang membatalkan puasa, bila dilakukan dalam shalat, dhalatnya batal.
Siapa yang bertakbiratul ihram dalam shalat, diampuni semua dosanya seperti dia baru lahir. Bacaan Al-Fathah dalam shalat, pahalanya sama dengan haji dan umrah. Ruku' pahalanya seperti bersedekah satu kologram emas. Maka ikhlashlah karena Allah semata.
*
Rumi mengilustrasikan dua karakter orang intelek seperti pria impoten dan lelaki sejati. Pria impoten dila diberi perempuan secantik apapun tidak bisa melakukan apapun selain menjualnya. Namun pria sejati akan memberinya cinta. Demikian pula ada yang punya banyak pengetahuan tapi hanya dijadikan sarana komersil dengan menulis dan ceramah dan yang lainnya mengamalkan.
*
'Iklash' adalah kata yang mudah diucapnamun begitu sulit diterap.
*
Filsafat dan Sains yang lurus tidak akan bertentangan dengan Al-Qur'an.
*
Sekalipun kepala presidennya turut disumbangkan, itu semua pencitraan: negara kafir takkan senang pada kita selama kita tidak mengikuti keinginan mereka.
*
Semua manusia sedang berada di sebuah lapangan. semuanya berbicara, semua ingin suaranya didengar. Ijazah adalah sebuah podium yang dibangun di tengah orang-orang. Siapa yang lebih tinggi strata pendidikannya, podiumnya lebih tinggi supaya mendapat perhatian orang dan mendengar perkataannya. Untuk menarik perhatian, podium yang dihias bagus juga berpengaruh menarik perhatian. Ijazah lulusan universitas lebih bergengsi adalah hiasan podium yang lebih menarik.
*
Semua manusia sedang berada di sebuah lapangan. semuanya berbicara, semua ingin suaranya didengar. Ijazah adalah sebuah podium yang dibangun di tengah orang-orang. Siapa yang lebih tinggi strata pendidikannya, podiumnya lebih tinggi supaya mendapat perhatian orang dan mendengar perkataannya. Untuk menarik perhatian, podium yang dihias bagus juga berpengaruh menarik perhatian. Ijazah lulusan universitas lebih bergengsi adalah hiasan podium yang lebih menarik.
*
Bila perempuan sudah dibiarkan keluar rumah tanpa diiringi muhrimnya yang laki-laki, atau mengendarai kendarendaraan sendiri, membuka aurat apalagi, maka kekacauan di segala sendi kehidupan keluarga, masyarakat dan negara tidak bisa dihindari, agama melayang pergi.
*
Manusia suka memandang besar urusan dunia dan menggap sepele urusan akhirat.
*
Bahwa istirahat, olahraga dan penyeraran jasmani terbaik adalah dengan shalat.
*
Persaudaraan dalam Islam bukan dari hubungan darah melaikan dalam shalat berjamaah.
*
Orang yang berat sakitnya di sisa umur adalah baik. Dengan rasasakt yang diderita, allah mengampuni dosanya. Uang yang dikeluarkan untuk berobat mensucikan hartanya sehingga dia tidak mewariskan kecuali yang baik-baik saja.
*
Allah mengatakan mampu membangkitkan jasad manusia setelah orang meninggal yang telah menjadi tanah kelak hari kiamat, bahkan sampai mengumpulkan jari-jarinya yang rumit dan berbeda satu sama lain. Bagi itu mudah oleh Allah, lebih mudah dari menciptakan kita dari tabah dan menjadi manusia utuh. Tapi di sana Alah tidak mengatakan akan melakukannya, hanya mengatakan mampu, dan kita percaya Dia mampu.
Ibn Sina megatakan di hari kiamat manusia tidak akan dibangkitkan denga jasad sebagaimana dia pernah hidup. Argumen Ibn Sina disanggah Al-Ghazali. Kata Al-Ghazali, manusia dibangkitkan dengan jasad utuh sebagaimana dia hidup di dunia. Al-Ghazali keliru dengan menyangka Ibn Sina tidak mengakui kemampuan Allah membangkitkan jasad itu sebagaimana dia hidup di dunia. Padahal Ibn Sina yakin dengan kemampuan Allah untuk itu, tapi memang manusia akan bangkit sesuai amalannya, bila amalnya baik, rupanya jauh lebih bersinar bangkitnya, kalau amalnya buruk, dia tidak akan bangkit dengan wujud manusia. Karena manusia itu mulia dan sempurna bentuknya, maka tidak ada manusia di neraka.
Allah mengatakan akan membangkitkan manusia kelak dengan rupa-rupa yang tidak kita ketahui. Mereka yang beramal buruk dan tidak berbentuk manusia dibakar di neraka sampai kembali berbentuk manusia. Orang yang mati kafir tidak akan keluar dari neraka. Naudzubillah min dzalik.
*
Allah tidak pernah menilai dari hasil, tapi usahanya. Bila Allah menulai dari hasil, bukan usaha, maka Nuh as. dan Isa as. tidak akan dijadikan ulil azmi.
*
Adalah hal yang paling mustahil mengatakan alam semesta ini terjadi dengan sendirinya setelah merasakan keindahan dan mengetahui keseimbangannya.
*
Yang paling berbahagia adalah orang fakir sebab Allah hanya membebankan masaah keuangan pada mereka.
*
Menulis adalah menyusun dan merapikan isi pikiran yang kusut.
*
Ruh, bila berurusan dengan memori dan pengetahuan disebut akal, pengetahuan dan pengalaman dihimpun menjadi satu kesatuan disebut hati. Bila dia dikaitkan dengan jasad, disebut jiwa.
*
pIblis dikutuk karena dia tidak mau bertaubat pada Allah setelah dia melanggar perintah bersujud pada Adam. Keengganan Iblis bertaubat karena kesumbongan dan keputus-asaan. Orang yang tidak bertaubat pasti karena putus asa atas pengampunan Allah atau karena sombong.
*
Shalat yang statusnya hampir mendekati shalat maghrib adalah shalat tahajjut.
*
Orang kafir yang menghina Islam diberi tangguh oleh Allah hingga tibanya hari bocah beruban.
*
Wasiat terakhir Nabi Saw.
Bila tidak mengumpukan harta haram dan meninggal dengan mengucap syahadat, maka bainya surga.
Bila membantu tindak penganiayaan dan penindasan, dia dilaknat Allah dan dimasukkan neraka.
Dilarang membangun rumah melebihi keperluan dan dilarang menyombongkan dii dengannya.
Yang zalim dalam membayar upah buruh dan menyakiti tetangga tanpa hak tidak akan mencium wangi surga.
Sejengkal saja mengkhianati tanah tetangga baginya neraka.
Menikah demi kemegahan dan kesombongan, baginya kehinaan di akhirat.
Yang merampas dan tidak membayar mahar istrinya, dia berzina dengannya.
Curang dalam perdagangan bukan golongan Nabi Saw.
Merendahkan orang miskin berada dalam kemurkaan Allah.
Mampu bermaksiat dengan wanita teapi meninggalkannya haram masuk neraka dan masuk surga.
Allah mencatat dosa untuk sedekah, zakata, haji dan umrah dengan harta haram.
Meninggalkan harta haram saat dia mampu memilikinya dia masuk surga.
Mendamaikan muslim yang berseeru pahalanya seperti mendapat lailatul qadar.
Memberi manfaat pada muslim mendapat pahala mujahid. Yang menyebar aibnya muslim diberi nerakan dan aibnya dibuka oleh Allah pada manusia.
Memanuhi hajat atau menganar orang buta pahalanya seperti membebaskan budak.
Memenuhi kebutuhan orang sakit, terutama keluarga sendiri maka dibersihkan semua dosanya seperti terlahir kembali.
*
Fatwa Transformers. Seorang ustadz mengatakan bila di rumah ada anjing dan patung makhluk bernyawa, malaikat tidak masuk sehingga rumah itu tiada keberkatan. Maka seseorang menanyakan bagaimana hukumnya bila menyimpan robot yang bisa dirubah menjadi mobil. Ustadz bingung dan seperti ustadz lainya, segera memilih pintu darurat dengan mengatakan "tetap saja tidak boleh meski dalam saat berbentuk mobil". Saya kira tidak apa bila saat berbentuk mobil karena mobil bukan makhluk hidup.
*
"Celakalah bangsa yang memakan tidak dari yang iat anam dan memakai tidak dari yang ia sulam." Petuah Kahlil Gibran ini mengingatkan negara yang suka mengimpor akan sengsara. Kita belum lagi merdeka. Dulu VOC menjajah, sekarang ribuan perusahaan. Dulu setengah hasil panen diambil penjajah, setengahnya lagi disisakan supaya kita dapat terus makan dan dapat terus bekerja dan panen ke depan diambil setengah lagi. Tidak diambil semua karena kita akan mati, bila mati, kita tidak dapat menanam lagi dan tidak ada lagi yang dapat diambil penjajah.
Sekarang juga demikian, setengah penghasilan kita keluarkan untuk membayar kredit barang yang kita ambil. Setengahnya lagi buat kita konsumsi supaya dapat hidup dan gajian lagi bulan depan. Sistem ini sama persis saat masa penjajahan. Artinya kita masih dijajah. Artinya, kita belum merdeka. Kita celaka.
*
Jalaluddin Rumi mengatakan, orang yang takut mati adalah orang yang takut pada dirinya sendiri, mereka takut akan mempertanggungjawabkan perbuatannya sendiri. Sebab mereka tahu akan diganjar siksa, maka saat mati- wajahnya seram dan mencekam.
*
Azazil mengira drinya yang paling bersih, paling suci dan paling dicintai. Maha Besar Allah yang Maha Mencipta dan Maha Mengetahui. Maka janganlah beribadah dengan kesombongan, tapi mari selalu kita berusaha sekuat tenagauntuk merendahkan diri, tawadhu, khusyuk dan iklash.
*
Tidak sempurna iman seseorang sehingga orang lain selamat dari lasan dan perbuatannya.
*
Iman adalah mencinai Allah dan Rasul-nya melebihi cinta pada diri sendiri.
*
Seseorang datang kepada Nabi dan mengatakan dia mencintai Allah. Nabi menjawab "bersiaplah jatuh miskin". Dia mengatakan juga mencintai Rasul, Nabi menjawab "bersiaplah sengsara". Mungkin yang datang itu adalah orang kaya raya. Maknanya adalah, bila mencintai Allah dan Rasulnya, harus lebih daripada apa yang lainnya.
*
"Kalau kita mahu merenung kembali, maka kiĆ¾a menemukan apa-apa yang kita beli sebenarnya tidak kita butuhkan. Iklan dengan penewaran penuh sunyum telah memaksa kita membeli produknya" (Ahmad Syafi'I Ma'arif). Maka buat apa meninggalkan ibadah guna mncariuang untuk membeli barang-barang yang nanti dijadikan sarana membuat sombong atau supaya disebut kaya. Padahal "orang kaya sebebarnya adalah yang paling sedit kebutuhannya" (Quraish Shihab).
*
Ketika dilimpahi hujan nikmat aku sekarat
Terlena aneka macam nikmat
Tak mampu bersyukur aku takut
Kucoba membayarnya dengan ibadat
Sungguh tak terkira itu nikmat
meski setiap detik dalam zikir dan ibadat
Nikmat Allah tak dapat disukat
Sungguh abdimu sedikit sangat
Bila kau jihad itu berat
Meski tak jua sebanding tapi kau selamat
Pedih jihad mengharap nikmat di akhirat
Sukar sangat jalan patut diingat
Sudah siapkah beta dijerat dengan kawat
Dicongkel bola mata oleh si laknat
Jangan berkata dengan ibadat mensyukuri nikmat
Belum juga kamu diuji dengan sekarat
*
Orang mati setidaknya telah melewatitiga beban: sakitnya sakaratul maut, menjumpai malakat maut dan mengetahui amal perbuatannya.
*
Dalam pengetahuan dan pemikiran, tapi jangan sampai menjadi sarana perseteruan, perpecahan, apalagi pertarungan.
*
Dialarang cemburu kecuali pada dua hal. Pertama adalah orang yang diberi harta lalu digunakan di jalan Allah dan orang yang diberi ilmu lalu mengajarkannya.
*
Allah yang mencipta, maka tentunya dia yangpaling tahu cara merawat ciptaanNya. Shalat, puasa, zakat, haji dan aturan sunnah adalah untuk jasad-rohani kita sendiri.
*
Bila Allah menghisab amal manusia dengan teliti, maka sangat sedikit manusia yang masuk surga. Kita masuk surga adalah karena Rahimnya Allah, bikan karena amal kita.
*
Bia seseorang benar-benar menikati shalatnya, tak sempat ia mengurus cara shaat orang lain.
*
Sebuah senyum orang mukmin jauh lebih kusukai daripada sumbangan sepuluh kologram emas orang kafir.
*
Altar suci bukan permadani Sorbonne University
Altar suci adalah sepetak tanah nemuju sawah
Direktur perusahaan telekomunikasi tidak lebih baik daripada seorang kuli tambang timah.
*
Orang muslim tidak layak membanggakan kekayaanya.
*
Dengan membunuh tuhan. Nietzsche telah membuat manusia modern menyembah dirinya dan sesamanya. Dia harus bertanggungjawab.
*
Menyesali perpisahan tiada guna. Kesalahan satu-satunya adalah berani v00bertemu dan bersama.
*
"Bila kau berjuang tanpa negara, ta seorangpun sanggup kau rubah." Pernyataan Hasal Al-Turabi ini berbanding lurus dengan ungkapan Ahmed Abdullah An-Na'I'm: "syariah adalah tindakan suci, tak boleh dipaksakan oleh tagan besi bernama negara"
Q*
Umar ra. adalah pint ilmu. Mengikutinya adalah mengikuti Abi Saw.
*
Elain persoalan iman, ada beberapa faktor kemunduran Islam: perdebatan teologis yang sia-sia seperti "apakah Al-Qur'an adalah makhluk"; pembakuan beberapa ijtihad para mujtahid dan menyingkirkan ijtihad mujtahid lainnya yang tidak menyirat dukungan pada penguasa; serangan Mongol.
*
Sri, jangan seperti merpati
Tak sanggup aku mengejarmu
Tapi engkau harus seperti merpati
Doakan aku mampu mendekapmu
Sri, aku bukan merak
Untuk dirimu aku akan menjadi apa saja
Karena engkau memintakumenjadi merak
Untuk dirimu aku akan menjadi apa saja
Sri, karena engkau telah memberiku hidup baru
Engkau telah membukan dan mencabik-cabik tirai muram dari wajahku
Aku akan menjadi pemujamu
Bila engkau memintaku merunduk
Aku akan melakukan
Bila kau menghendaki selamanya aku berdiri
akan kulakukan selamanya untukmu
Akan kuberi engkau makan dari keringat darahku
Kuberi engkau minum dari mata air cahaya mataku
Tuhan bukannya tidak mendengar doa-doaku
Dalam doaku Dia berseru
"Aku mampu mengabulkan permintaanmu, namun ratap tangismu lebih aku sukai"
*
Seperti seseorang yang emakai sepatu boot tetapi berkauskaki tipis, alih-alih semakin kokoh, malah melukai kaki. Dhuhanya banyak, tetapi masih berzina; alih-alih banyak rezeki, malah dapat papa. Beriman pada separuh, ingkar separuh lainnya: ingkar semuanya. Demikianlah Islam. Islam adalah sistem menyeluruh: mengatur setiap sendi kehidupan, mulai dari urusan kamar mandi hingga politik internasioal. Tetapi, semua harus dilakukan secara menyeluruh.
*